Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Website penyedia Jurnal Gratis

Bagi Mahasiswa Literatur dan referensi baik berupa buku maupun Jurnal sangatlah penting untuk menyelesaikan tugas kuliah dan skripsi,  kita dapat mencari buku dan jurnal di perpustakaan akan tetapi, Perpustakaan Tidak selalu menyediakan literatur yang kita cari, karena jumlah buku yang terbatas serta terus berkembangnya pengetahuan membuat kita harus terus memperbaharui informasi. Apalagi untuk mencari jurnal dari luar negeri akan cukup sulit untuk mendapatkannya.

Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang kita dimudahkan untuk mencari literatur yang kita perlukan baik yang berbahasa indonesia maupun bahasa asing secara online. Berikut beberapa website yang menyediakan jurnal secara gratis.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Sumber: e-resources.perpusnas.go.id
Merupakan layanan e-Resourcer dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yang menyediakan jurnal-jurnal yang dapat di download secara gratis. untuk dapat masuk dan mendownload anda harus mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu dengan mengisi formulir secara online maupun berkunjung langsung ke Perpustakaan Nasional.

2. Google Scholar
Sumber: scholar.google.co.id
Google Scholar atau di Indonesia di sebut Google Cendekia. Merupakan situs untuk mencari essay dan jurnal  yang disediakan oleh layanan google dengan berbagai format file seperti Pdf. Terdapat banyak jurnal-jurnal online yang bisa di akses secara gratis dan anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan layanan ini.

3. Scribd
Sumber: id.scribd.com
Merupakan website yang menyediakan tempat untuk mengunggah maupun mengunduh jurnal dan paper secara gratis. untuk dapat masuk dan mengunduh jurnal maka anda harus mendaftar lewat email atau pun cara alternatif melalui akun Facebook.

4. Academmia.edu
Sumber: www.academia.edu
Academia.edu adalah website yang menurut saya cukup mudah untuk di akses dengan user interface yang mudah dan sederhana. untuk dapat mencari jurnal yang anda cari anda harus membuat akun via email atau dengan akun g+ dan mulailah mencari tema yang anda cari.

5. Indonesian Publication Index
Sumber: id.portalgaruda.org
IPI (Indonesian Publication Index) penyedia jurnal berbahasa indonesia, untuk mencari jurnal yang anda cari tidak perlu membuat akun  untuk masuk. Selain itu tampilan user interface yang mudah membuat cukup mudah untuk mencari jurnal di Indonesian Publication Index. akan tetapi walaupun menyediakan jurnal berbahasa Indonesia, antarmuka website ini menggunakan bahasa Inggris.

6. Garuda (Garba Rujukan Digital)
Sumber: garuda.ristekdikti.go.id
Merupakan tempat yang disediakan Kemenritekdikti untuk menemukan referensi ilmiah dan umum yang ada di indonesia, berupa jurnal, ebook, laporan penelitian serta tugas akhir dan sebagainnya.

Demikian 6 website penyedia jurnal Gratis, semoga dapat membantu dalam menyelesaikan tugas anda. Terima Kasih

Post a Comment for "6 Website penyedia Jurnal Gratis"